Kerajinan Kayu Kelapa Tatakan Gelas Beli 2 Bonus 1

Kita bisa mendapatkan inspirasi dengan menyimak cara membuat beberapa produk kerajinan kayu kelapa.  kita tentu bisa mengembangkan imajinasi dan menemukan produk-produk kerajinan kayu yang dibutuhkan dirumah, kantor, hotel, restoran dan mulai mengembangkan kreasi kerajinan kayu kelapa yang dibutuhkan masyarakat. bahkan kita  didorong untuk memproduksi kerajinan kayu kelapa untuk mensubstitusi produk-produk yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan. Ambil contoh produk-produk palstik yang sulit terurai di alam bila tidak digunakan lagi oleh manusia. Kerajinan kayu kelapa termasuk prodak yang aman lingkungan

Salah satu prodak kerajinan kayu kelapa  yang kami promokan  di artikel ini adalah kerajinan kayu berupa tatakan gelas. Adapun cara membuat kerajinan kayu kelapa tatakan gelas adalah :

A. Menyiapkan kayu kelapa sebagai bahan baku pembuatan tatakan gelas. Kayu tersebut diserut sehingga permukaan halus. setelah itu potong berbentuk kotak untuk tatakan berbentuk persegi. sedangkan tatakan berbentuk bulat, potong bahan dalam bentuk segi delapan atau segi banyak sehingga memudahkan untuk dibentuk menjadi lingkaran.

B. Kayu kelapa yang menjadi bahan tatakan (bulat dan persegi) tersebut dipasang pada piringan pembawa mesin bubut dengan pahat bubut guna membuat lubang. permukaan bahan yang dilubangi dengan cara di keruk nantinya menjadi tempat dasar gelas.

C. Bagian kayu kelapa yang sudah dikeruk dengan pahat bubut bisa dihaluskan dengan kertas pasir. Pada saat mesin bubut berputar, tempelkan kertas pasir dengan cara menekan sehingga permukaan yang dikeruk menjadi halus. bahan kayu kelapa yang berbentuk persegi juga dibubut dengan mengeruk permukaan kayu kelapa yang menjadi tempat dasar gelas.

D. Bahan kayu kelapa yang berbentuk persegi juga dibubut dengan mengeruk permukaan kayu kelapa yang menjadi tempat dasar gelas

E. Bahan tatakan gelas yang sudah dibubut  lalu diproses lebih lanjut dalam tahapan finishing. langkah pertama adalah dengan mengamplas tatakan tersebut dengan kertas pasir.

F. Kemudian berikan wood filler atau dempul pada permukaan tatakan yang sudah diamplas untuk menutup pori-pori kayu kelapa sehingga permukaan kayu kelapa menjadi rata. seluruh pori-pori kayu tertutup dengan bahan pengisi tersebut. setelah wood filler mengering lalu diamplas lagi. Gunakan kuas untuk membersihkan sisa-sisa amplasan yang berupa debu. setelah itu  bahan tersebut siap memasuki proses finishing akhir.

G. Untuk meratakan warna permukaan kerajian kayu kelapa gunakan wood stain. Oleskan bahan tersebut pada permukaan tatakan gelas. setelah itu siap untuk finishing dengan penyemprotan melamin clear gloss sehingga tanpak mengilat. Penyemprotan pada dua sisi permukaan tatakan gelas

H. Setelah kerajinan kayu kelapa  kering, tatakan gelas tersebut dikemas untuk dipasarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *